Sahifa fully responsive WordPress News, Magazine, Newspaper, and blog ThemeForest one of the most versatile website themes in the world.

Membangun Kemampuan Public Speaking

Menjadi Seorang MC & Protokoler
Integrated Marketing Communication di Area Digital
 
Public Speaking merupakan Ilmu Komunikasi di mana mencakup berdiskusi, berdebat, pidato, memimpin rapat, moderator, MC dan presenter serta kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan publik, kelompok maupun perseorangan yang perlu menggunakan strategi dan teknik berbicara yang tepat. Hal yang paling penting dari semua itu adalah Percaya Diri, masalah suara itu teknis, bisa dilatih. Latihan vokal, dasar sangat membantu.

Tapi percaya diri itu penting sekali. Bagaimana orang mau tertarik kalau kita gak pede, bahkan ga friendly. Jadilah orang yang smart, friendly, share, care dan solutif. Kata siapa public speaking itu adalah bakat sejak lahir. Mungkin untuk beberapa orang, mereka memang membawa bakat pembawaan yang baik dalam bertutur dan menyampaikan pendapat, namun tidak semua orang seberuntung itu memiliki hal tersebut sejak mereka dilahirkan. Kebanyakan para penutur handal.

Public Speaker adalah mereka yang tak kenal lelah berlatih dan terus berlatih, bahkan tidak jarang mereka adalah orang-orang yang dulunya memiliki kesulitan dalam hal komunikasi. Karenanya tidak semua orang memiliki sense and art of public speaking sejak mereka mampu berbahasa.

Dalam prosesnya, praktek public speaking pun tidak serta merta selalu berjalan mulus. Tidak tertutup kemungkinan kita untuk menemukan hambatan atau gangguan. Lalu apa sajakah hambatan atau gangguan umum yang biasanya dialami oleh speaker, bahkan mampu mengganggu fokus saat berbicara di depan khalayak.

Kesiapan diri merupakan cara utama untuk menenangkan saraf ketika berbicara didepan umum. Banyak orang-orang yang sebenarnya mampu berbicara depan umum dengan baik tapi menjadi tidak efektif karena tidak melakukan persiapan dan latihan yang cukup, sehingga mereka lupa terhadap apa yang ingin dikatakannya dan bagaimana mengatakannya.

Berbicara tidak harus sesuai dengan konsep yang kamu tulis. Kuasai konsep dan keluarkan saja kata-kata yang ada dipikiranmu dan berbicara dengan nyaman, namun jangan sampai melenceng jauh dari topic dan sesuaikan dengan keadaan. Berbicara sesuai kata-kata yang kamu hafalkan itu hanya akan membuatmu lupa, ditambah lagi jika kamu gugup.
 
error: Content is protected !!