Sahifa fully responsive WordPress News, Magazine, Newspaper, and blog ThemeForest one of the most versatile website themes in the world.

Membangun Relasi dalam Media Relations

Leadership Skills dan Kepemimpinan
House Journal dan PR Writing
 
Persaingan yang semakin ketat terutama dalam bidang bisnis membuat perusahaan/ organisasi berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas dari segi media relations. Media relations sangat penting bagi perusahaan. Mengapa media relations dikatakan sangat penting? Karena media relations dapat membantu memajukan perusahaan/organisasi dengan melakukan komunikasi antara pihak organisasi dan media untuk mencapai suatu kesepakatan dalam meningkatkan citra perusahaan.

Media relations (adalah "Suatu tindakan yang dilakukan oleh Praktisi Humas sebagai kegiatan Public Relations Eksternal dengan media massa (elektronik dan cetak) sebagai langkah - langkah untuk membangun hubungan baik dengan media massa yang nantinya akan berdampak pada pemberitaan informasi atau pesan dalam media massa itu sendiri guna mempertahankan citra positif dari suatu organisasi yang dinaunginya".

Menurut Yosal Iriantara, 2005 Media Relations merupakan bagian dari Public Relations Eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan Media Massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan Public untuk mencapai tujuan organisasi) atau yang awalnya lebih populer dengan istilah press relations merujuk pada relasi suatu organisasi dengan media cetak sehingga, cenderung memiliki cakupan arti yang lebih terbatas.

Dari limitasi ini kemudian berkembang menjadi media relations yang bersifat cetak, elektronik bahkan interaktif-maya (cyber) dengan kehadiran PR online via internet. Pada masa pemerintahan presiden Soeharto,menteri Penerangan, Harmoko mencetuskan gerakan Kelompencapir ( Kelompok pendengar, pembaca dan pemirsa) yang dimaksud sebagai alat untuk menyebarkan informasi dari pemerintah.

Harmoko pun dinilai berhasil memengaruhi hasil pemilihan umum (Pemilu) melalui apa yang disebut "Safari Ramadhan". Sebagai Ketua Umum DPP Golkar, Harmoko dikenal pula sebagai pencetus istilah "Temu Kader".

Terakhir, ia menjabat sebagai Ketua DPR/MPR periode 1997-1999 yang mengangkat Soeharto selaku presiden untuk masa jabatannya yang ke-6. Perkembangan media relations semakin berkembang hingga pada tahun 2017 ketika pemberitaan produk yang memiliki BPOM hingga sampai sekarang pemberitaan BPOM semakin berkembang dan pemberitaan tentang label halal.

Di sisi lain media relations juga memiliki fungsi dan jenis. Fungsi media relations yaitu: meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan kepercayaan publik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dan meningkatkan relasi dari beragam publik, seperti terhadap lembaga pemerintahan, perusahaan-perusahaan, organisasi kemasyarakatan, maupun individu.

Jenis-jenis media relations yaitu: Press Conference (Konferensi Pers) mengundang wartawan untuk berdialog dengan materi yang telah disiapkan (Press Kit, Media Kit), Press Briefing (Jumpa Pers) –penyampaian informasi dalam sebuah kegiatan dan Special Event kegiatan khusus yang melibatkan media, misalnya menjadi sponsor lomba penulisan jurnalistik.

Melihat uraian di atas dapat disimpulkan bahwa ketika organisasi ingin memperluas suatu usaha harus mengetahui jenis, fungsi dan memanfaatkan teknologi sekarang ini yaitu media relations dengan membangun relasi antara organisasi dan media.
 
error: Content is protected !!