Sahifa fully responsive WordPress News, Magazine, Newspaper, and blog ThemeForest one of the most versatile website themes in the world.

Memimpin Rapat Dengan Teknik Presentasi

House Journal dan PR Writing
Pengembangan Diri, Pengembangan Pribadi dan Kepribadian
 
Teknik presentasi bisa digunakan di mana saja. Bukan hanya ketika Anda harus menyampaikan sebuah tema tertentu di atas panggung, di hadapan para audiens. Tapi, teknik presentasi juga dapat digunakan ketika Anda harus memimpin sebuah rapat di kantor.

Ketika Anda menjadi pemimpin rapat, maka Anda adalah si presenter. Sedangkan para peserta rapat lainnya adalah para audiens. Memang, dalam rapat biasanya yang berbicara bukan hanya pemimpin rapat, tapi juga para peserta rapat lainnya. Namun, pemimpin rapatlah yang berbicara pertama kali.

Pemimpin rapat akan membuka rapat. Saat rapat diawali inilah, bisa menentukan apakah peserta rapat akan antusias atau tidak dalam mengikuti rapat tersebut. Pemimpin rapat juga menentukan, apakah peserta rapat akan puas dengan rapat yang diadakan atau tidak, mereka akan mengerti dengan pembahasan yang dibicarakan atau tidak.

Memang, menjadi pemimpin rapat akan lebih seperti menjadi seorang moderator dibandingkan dengan menjadi seorang presenter. Tapi, kemampuan sebagai seorang presenter yang memukau dapat membantu Anda untuk menjadi seorang pemimpin rapat yang dapat diandalkan.

Sama seperti persiapan untuk menyampaikan presentasi memukau, maka hal pertama yang harus dipersiapkan adalah mengenal siapa yang akan hadir sebagai peserta rapat. Dengan kata lain, Anda harus mengenal siapa audiens Anda.

Bisa jadi, peserta rapat nanti adalah seluruh anak buah Anda, seluruh manajer yang ada di divisi Anda, atau seluruh tim kerja Anda. Walaupun Anda bertugas untuk menjadi pemimpin rapat, tapi bisa saja ada peserta rapat yang levelnya di organisasi perusahaan berada di atas Anda.

Dengan melihat atau mengenal siapa saja yang akan menjadi peserta rapat nanti, Anda bisa mempersiapkan apa saja yang akan Anda bicarakan ketika memimpin rapat. Materi rapat dengan peserta rapat yang seluruhnya adalah anak buah Anda akan berbeda dengan materi rapat dengan peserta yang seluruhnya manajer, yang selevel dengan Anda.

Apalagi jika pada rapat nanti ada peserta yang levelnya di atas Anda. Tentu Anda harus menyesuaikan penyusunan materinya, Materi rapat tentu harus sesuai dengan tujuan rapat, juga dengan peserta rapat atau audiens yang akan hadir.
 
error: Content is protected !!