Sahifa fully responsive WordPress News, Magazine, Newspaper, and blog ThemeForest one of the most versatile website themes in the world.

Teknik Presentasi Untuk Berkomunikasi Dengan Anak Buah

Leadership Skills untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan
Pentingnya Personal Branding untuk Karier Anda
 
Sebagai atasan, tentu Anda harus sering menjalin komunikasi dengan anak buah. Komunikasi itu bisa dalam bentuk rapat, briefing, atau komunikasi personal. Komunikasi antara atasan dan anak buah sangat diperlukan, agar koordinasi dapat berjalan dengan lancar. Dengan demikian, pekerjaan di dalam tim dapat dilaksanakan dengan baik.

Namun, tidak jarang ditemui bahwa komunikasi antara atasan dengan anak buah itu hanya berjalan searah. Artinya, hanya atasan yang berbicara, sementara anak buah hanya bisa mendengarkan. Anak buah tidak diberi kesempatan untuk berbicara, sehingga jika ada sesuatu yang kurang atau tidak dimengerti, mereka hanya bisa diam.

Padahal, komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang berjalan dua arah. Walaupun mungkin atasan lebih berwenang untuk berbicara, namun anak buah juga harus diberi kesempatan untuk memberikan feedback. Dengan begitu, atasan bisa mengerti bahwa cara berkomunikasinya sudah tepat atau belum.

Untuk berkomunikasi dengan anak buah ini, Anda bisa menggunakan teknik presentasi. Walaupun Anda tidak berbicara dengan mereka dari atas panggung atau dalam forum resmi, namun teknik presentasi dapat membantu Anda untuk menyusun materi komunikasi tersebut.

Walaupun dengan anak buah, yang hampir setiap hari Anda temui, namun Anda tetap harus memikirkan cara yang tepat untuk menyampaikan sebuah pesan kepada mereka. Jadi, pesan tersebut dapat dimengerti dan dipahami oleh anak buah Anda.

Jika anak buah mengerti dan memahami pesan-pesan yang disampaikan oleh atasan mereka, maka mereka tentu dapat bekerja dengan lebih baik. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi secara efektif dengan anak buah adalah dengan menggunakan teknik presentasi.

Misalnya Anda harus mengadakan rapat, briefing, atau berkomunikasi secara personal dengan anak buah Anda, anggap saja bahwa hal itu adalah panggung presentasi Anda. Gunakan teknik-teknik presentasi memukau, agar proses komunikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuannya.

Dalam teknik presentasi, maka Anda adalah si presenter, dengan para anak buah Anda sebagai audiensnya. Walaupun Anda dan anak buah sudah sering berinteraksi, namun jika ada sesuatu hal penting yang harus disampaikan, Anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Hal itu sangat penting agar maksud dan tujuan Anda untuk berkomunikasi dapat tercapai.
 
error: Content is protected !!